Sabtu, 24 Mei 2008

Prinsip-prinsip Menyusun Bisnis Plan



“Good result without good planning comes from good luck, not good management”
(David Jaquith)

Apa itu Bisnis ?
  • Bisnis adalah kegiatan/usaha untuk memenuhi kebutuhan/keinginan manusia, organisasi atau masyarakat luas (Gitosudarmo,1996)
  • Bisnis merupakan usaha penyediaan produk dan jasa berkualitas bagi pemuasan kebutuhan customers untuk memperoleh return (pengembalian) jangka panjang memadai bagi kemampuan bertahan dan berkembang bisnis tersebut (Mulyadi, 1997)
Bisnis : bisa profit motive atau non profit motive (nir laba)

Mengapa bisnis harus direncanakan ?
  • Banyak organisasi bisnis yang mengidap penyakit myopia (rabun jauh karena berorientasi pada kegiatan rutin sehingga mengalami stagnasi bahkan kemunduran)
  • Planning : “Doing things today to make us better tumorrow. Because the future belongs to those who make the hard decision today” (Eaton Corporation
PERENCANAAN : Proses berfikir dan pengambilan keputusan tidak sekedar menulis rencana

Business Plan : Arti & Tujuan
  • Business plan merupakan suatu rencana yang bersifat operasional untuk menjabarkan rencana strategis yang sudah disusun oleh suatu organisasi (Freddy Rangkuti). Biasanya bisnis plan memiliki jangka waktu 1-3 tahun.
Tujuan business plan :
  • Agar kegiatan bisnis yang sedang dan akan dilakukan berjalan pada jalur yang benar sesuai dengan yang direncanakan.
  • Memberikan pedoman untuk mempertajam rencana-rencana yang diharapkan.
  • Alat untuk mencari dana dari pihak ketiga (bank, lembaga keuangan, investor dll).

Hal-hal yang hrs dipertimbangkan dalam penyusunan Business Plan
  • Mengacu pada Visi, misi, rencana strategis yang telah ditetapkan.
  • Memperhatikan potensi yang dimiliki organisasi (hindari emotional factor untuk menghindari harapan yang terlalu berlebihan).
  • Menggunakan alasan/asumsi yang digunakan dalam perhitungan pembuatan rencana.

SCOPE BUSINESS PLAN
  • Ada 5 hal penting yang harus ada dalam business plan yaitu : 1. Penjelasan tentang bisnis yang digeluti dan produk/jasa yang dihasilkan, 2. Rencana pemasaran, 3. Rencana Manajemen dan SDM, 4. Rencana Operasional dan, 5. Rencana Keuangan
1. Penjelasan tentang bisnis dan produk/jasa
  • Apakah bisnis yang kita geluti dan bisnis apa yang seharusnya kita jalankan ?
  • Jenis jasa yang dihasilkan dan spesifikasinya
  • Penjelasan mengapa bisnis kita menguntungkan dan bagaimana peluangnya di masa y.a.d.
  • Hubungan dengan pemasok, perbankan dll
  • Keunggulan jasa yang dihasilkan dari kacamata konsumen (ingat : sukses bisnis tergantung pada kepuasan dan loyalitas konsumen)
2. Kondisi Pasar dan Rencana Pemasaran
  • Siapa pasar/konsumen kita ? (segmentasi, targeting, positioning).
  • Bagaimana pertumbuhannya dan apakah pasar akan diperluas ?
  • Market share dan pertumbuhannya.
  • Kondisi dan tingkat persaingan (siapa saja pesainganya, seberapa kuat pesaing kita, harga dan strategi pemasarannya)
  • Keunggulan kompetitif yang kita miliki
  • Strategi pemasaran yang akan dilakukan (kebijakan harga, mutu pelayanan, citra dll)
3. Rencana Manajemen dan SDM
  • Struktur organisasi
  • Jumlah dan kualifikasi manajer dan SDM
  • Target yang akan dicapai dan strategi manajemen untuk mengelola bisnis (budaya kerja, pengembangan SDM, sistem kompensasi dll)
4. Rencana Operasional
  • Sistem pelayanan yang akan dikembangkan
  • Shift pelayanan yang akan dilakukan
  • Bahan/alat apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara pemenuhannya
5. Kondisi Keuangan & Rencana Keuangan
  • Bagaimana kondisi keuangan saat ini ?
  • Berapa kebutuhan dana yang diperlukan untuk kegiatan operasional dan pengembangan ?
  • Apakah membutuhkan pinjaman ? Apakah layak secara ekonomis ? Bagaimana perhitungannya ?
  • Seperti apa gambaran anggarannya? Proyeksi cashflow, neraca, rugi laba, BEP dll.
  • Sistem akuntansi yang digunakan
  • Cara pengendalian biaya
Format dan Isi Business Plan (menurut Fredy Rangkuti)
• Lembar judul/sampul luar
• Ringkasan eksekutif
• Daftar isi
• Latar belakang sejarah (masalah)
• Produk/jasa yang dihasilkan
• Kondisi Pasar dan strategi pemasaran
• Kondisi dan Rencana manajemen dan SDM
• Kondisi Operasional dan Rencana operasional
• Kondisi Keuangan dan rencana keuangan
• Ringkasan informasi keuangan dan lampiran


Shallow men believe in luck. Strong men believe in cause and effect” (Ralph Waldo Emerson)



Tidak ada komentar: